Ekspor kopi robusta selama bulan Juni 2015 melalui pelabuhan Panjang Lampung sekitar 32.008 metrik ton dengan nilai sekitar 55,49 juta dollar Amerika Serikat dan meningkat sekitar 0.1% jika dibandingkan dengan periode May tahun 2015 dimana pada bulan May 2015 sebesar 25.223 metrik ton dengan nilai sekitar 43.28 juta dollar Amerika Serikat.

 "Jumlah ekspor pada bulan ajuni 2015 ini meningkat drastis 77.5% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada bulan Juni tahun sebelumnya volume ekspor kopi Lampung sebanyak 18.031 metrik ton. Peningkatan ekspor pada bulan Juni ini karena banyaknya kontrak yang harus dipenuhi oleh eksporter asing maupun local. Sebagian besar ekspor kopi dari lampung ditujukan ke Negara-negara kawasan Eropa dan sisanya ke negara Amerika , Asia dan Afrika.

Ekspor kopi Lampung bukan hanya berasal dari Lampung saja tetapi juga dipasok oleh kopi yang berasal dari Sumatera Selatan dan Bengkulu dan sebagian lagi ada yang berasal dari Jambi yang merupakan daerah produksi kopi untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Saat ini stok biji kopi di tingkat petani sudah mulai banyak karena mulai memasuki panen puncak. Sementara harga basis kopi di Bandar lampung saat ini berkisar antara Rp23.100-Rp 23.900 dan untuk harga kopi ditingkat petani sekitar Rp19.500- Rp20.700.

Diperkirakan ekspor kopi dari lampung akan terus meningkat mengingat ketiga karena di wilayah sumatera bagian selatan, Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu yang berupakan basis kopi robusta di Indonesia sudah memasuki musim puncak panen kopi. Dan diperkirakan musim panen kopi tahun ini produksinya akan meningkat dibandingakan dengan tahun sebelumnya.

Lampung sendiri merupakan pemasok kopi robusta terbesar di Tanah Air dengan produksi rata-rata 120.000 -140.000 ton per tahun dengan luas areal kopi mencapai 163.670 hektare. Produktivitas kopi Lampung 890 kg/ha dengan sentra produksi di Kabupaten Lampung Barat (62.570 ha). Tanggamus (53.897 ha) serta tersebar di Kabupaten Way Kanan 21.458 ha, Lampung Utara 20.412 Ha, dan sisanya berada di kebupaten Pringsewu dan Pesawaran.

Sementara Sumatera Selatan rata-rata produksinya sekitar 100.000 – 130.000 ton dengan luas area sekitar 209.952 Ha yang tersebar di Kabupaten OKU Selatan, Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam dan Muara Enim, dengan produksi rata-rata sekitar 750 kg/Ha.

Serta propinsi Bengkulu rata-rata produksinya sekitar 65.000 – 70.000 ton dengan luas area sekitar 103.291 Ha yang tersebar di kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Seluma dan Bengkulu Selatan dengan produktivitas kopi Bengkulu sekitar 690 kg/Ha.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

4 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba2 bertogel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasi sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang dukun.yang ternyata alhamdulillah dengan seisin gusti Allah dengan lantaran OM AGUS aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan OM AGUS dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,sawdara bisa membuktikan sendiri silahkan hubungi OM AGUS di no (085-397-766-615) yg penting anda yakin dan percaya dan jgn samakan dgn peramal yg lainnya seperti ki ronggeng,mba sugem ki nugroho mba jombrang dll.insya allah OM AGUS tdk mengecawan Terima kasih yg punya ROOM.

    ReplyDelete
  2. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  3. Senang sekali, hasil panen dari Indonesia terutama dari Lampung mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga untuk memenuhi permintaan dari negara luar "ekspor" dapat mencukupi.

    ReplyDelete
  4. Peningkatan hasil panen kopi di daerah Lampung, di harapkan bisa memenuhi kebutuhan para petani kopi di daerah sana.

    ReplyDelete