Arabica dan Robusta adalah dua jenis kopi yang terkenal di pasar dunia sebenarnya, masih ada varietas kopi lain selain arabica dan robusta yaitu Liberica dan Excelsa.  Dua varietas kopi yang namanya sempat terkenal di dunia perkopian. Masa Pemerintah kolonial Belanda pada saat menjajah Indonesia, sempat memerintahkan penanaman kopi Liberica dan Excelsa. Liberica dan Excelsa ditanam untuk menggantikan tanaman kopi Arabica dan Robusta, yang ketika itu banyak diserang hama. Kedua varietas tanaman kopi tersebut, dibawa Belanda dari Afrika Barat. Namun karena selama bertahun-tahun, Liberica maupun Excelsa ternyata kurang komersil, petani pun enggan menanam kedua jenis tanaman kopi tersebut. 

Pasar kopi domestik dan di dunia internasional saat ini lebih didominasi oleh kopi Arabica dan Robusta. Oleh karena itu produksi kedua varian kopi tersebut masih terus berkembang. Untuk pasar domestik di Indonesia, kopi Robusta lebih unggul karena disukai dan banyak peminatnya. Sementara masyarakat di belahan dunia lainnya, kopi Arabica merajai pasar dibanding Robusta, dengan perbandingan 70% Arabica dan 30%. Robusta.

Berikut mengenali varietas kopi Arabica dengan kopi Robusta dari fisik tanaman hingga rasa kopinya.

Kopi Arabika
Kopi dari spesies kopi Arabika memiliki rasa yang kaya daripada kopi Robusta dan kopi Arabika memiliki banyak varietas, jumlah bisa melebihi 20 varietas. Tiap varietas memiliki ciri yang unik. Namun dari kesekian banyak varietas tersebut, dapat dikelompokkan menjadi 5 varietas utama yaitu:

1. Typica
varietas Kopi Arabika ini berasal dari Kolombia dan masuk ke Indonesia dibawa pada masa penjajahan Belanda.  Jenis ini yang belum    mengalami kawin silang,   contoh kelompok ini adalah (Kopi Priangan, Bergendal, Kalosi dsb),  Kent,  dan Bourbon. 

2. Caltura
Varietas kopi Arabika jenis ini merupakan kopi yang berasal dari Brazil. Kopi Arabika jenis ini telah mengalami persilangan  dengan sesama  jenis kopi Arabika  dengan tujuan untuk mendapatkan jenis kopi Arabika  dengan produktifitas lebih tinggi,  biji lebih besar  dan untuk mendapatkan berbagai sifat unggul lainnya,  seperti  Maragogype dan Caturra.  

3. Varietas Tim-Tim
Varietas jenis ini merupakan hasil persilangan antara Kopi Arabika  dengan varietas kopi lainnya  dengan tujuan untuk mendapatkan ketahanan pennyakit,  karena secara umum kopi arabika kelompok pertama dan kedua sangat rentan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit dibanding kopi varietas lain seperti robusta atau liberika, Persilangan  Kopi Arabika dengan Robusta  melahirkan jenis kopi Tim-tim (sekarang Timor Leste) dan Arabika-Robusta (Arobusta)  yang berasal dari Afrika.

4. Lini S
Verietas jenis ini merupakan Persilangan kopi Arabika dengan Kopi Liberika menghasilkan kopi Lini S-288 (India), di negara-negara penghasil kopi yang lain banyak juga dilakukan persilangan-persilangan antar berbagai varietas kopi.   Persilangan  kopi Arabika  dengan varietas lain tersebut menghasilkan  kopi dengan  kualitas hampir seperti  kopi Arabika kelompok pertama dan masih mewarisi ketahanan penyakit dari kopi Liberika. 

5. Catimor
Varietas yang kualitasnya hampir menyerupai kopi Arabika  jenis pertama dan kedua.  Silangan kopi Arabika dengan varietas lain, atau persilangan Back Cross  dengan Kopi Arabika "asli" kelompok kesatu atau kedua,  sehingga menghasilkan kopi Arabika kelompok ke tiga atau ke empat  yang memiliki kualitas Arabika yang lebih konsisten. Persilangan antara Lini S-288 dengan Kent,  menghasilkan kopi Lini S-795, persilangan Tim-tim dengan Caturra atau Catuai menghasilkan berbagai  kopi varieras Katimor. Varietas ini memiliki aroma dan rasa yang baik, biasa nya petani kopi di Aceh menyebutkan dengan varietas “Ateng Jaluk“.

Kopi Robusta
Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.
Robusta menguasai 30% pasar dunia. Kopi ini tersebar di luar Kolumbia, seperti di Indonesia dan Filipina. Robusta cenderung mengeluarkan wangi seperti chocolate, woody (kayu) atau earthy (bau tanah). Jadi bisa dikatakan arabica lebih wangi daripada robusta.
Seperti halnya Arabika, Robusta juga mempunyai banyak varietas, berikut varietas robusta yang dikenal adalah :

1. Quillou
Pohon tegap, cabang primer panjang dengan arah pertumbuhan mendatar, dan ujung agak melengkung kebawah.  Daun agak sempit dan panjang dengan permukaan berombak. Buah matang berwarna merah jernih dan bergaris.  Produksi tinggi pada tahun pertama, tapi setelah itu menurun cepat. Contoh klon Quill 121.

2. Uganda

Cabang primer lemah dengan bagian ujung agak melengkung ke atas seperti membentuk huruf S dan tahan lama.  Daun kecil dan sempit, helainya agak menutup, dan permukaan daun berombak Buah mudah rontok dan mudah terserang hama bubuk. Sesuai untuk dataran tinggi (diatas 500 m dpl) Contohnya adalah klon Ugn 1, Ugn 2, Ugn 3-02. Dan ugn 2-08.

3. Canephora
Pohon banyak mengeluarkan cabang reproduksi.  Daun sempit dengan permukaan berombak. Daun muda berwarna cokelat-kemerahan. Buah muda berwana cokelat-kemerahan. Mudah terserang penyakit HV.  Bersifat self steril sehingga harus ditanam bersama klion lain.  Contohnya adalah kloin BP39, BP 42, SA 13, SA 34, SA 56, BGN 300, BGN 471.

4. Kape Alamid yang berasal dari Filipina

Demikin sekilas artikel tentang varietas kopi Robusta dan Arabika semoga bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

4 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  2. Kopi di Indonesia sendiri yang paling banyak di minati ialah jenis kopi robusta. Mungkin cita rasa para penikmat kopi di negara kita memang cocok dengan robusta bukan arabica atau lainnya.

    ReplyDelete
  3. Terlepas itu kopi arabica dan kopi robusta, saya sangat menggemari kopi luwak rasanya yang nikmat meski saya masih ragu apakah aman dan halal untuk di konsumsi kita tahu kopi ini di ambil dari kotoran hewan luak.

    ReplyDelete
  4. Bikin bingung cara menentukan jenisnya, yang saya tahu aromanya tentu berbeda dan rasanya sedikit berbeda juga hehe

    ReplyDelete