Doa adalah ungkapan permohonan seorang hamba kepada Allah dalam meminta apa yang dia inginkan.  Doa merupakan permohonan maksudnya ialah bahwa doa merupakan kebutuhan seseorang akan pertolongan Allah, sehingga selain menjadi kebiasaan doa juga merupakan kebutuhan.

Firman Allah (QS Al-Baqarah:186)

 وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 186)


Namun tidak semua orang doanya bisa dikabulkan oleh Allah, hanya orang-orang tertentu saja yang akan dikabulkan doanya oleh Allah, hal ini karena posisi dan keadaan orang yang berdoa tersebur yang membuat Allah lebih cepat mengabulkan doanya.

Berikut tujuh golongan orang yang akan di ijabah doanya oleh Allah:

1. Pemimpin yang adil
Seorang pemimpin yang adil akan membawa kebaikan bagi yang dipimpinya.  Ia merupakan pelapor, pemjaga dan merupakan panutan bagi rakyatnya, maka sudah sepantasnya Alllah menghadiahkan terkabulnya doa dari apa yang diinginkannya selama itu dalam ta'at kepada Allah. Nabi bersabda:
"Empat orang yang doanya diijabah; pemimpin yang adil, seseorang yang mendoanya saudaranya dibelakangnya, doa orang yang dizhalimi, dan seseorang yang mendoakan orang tuanya." (HR. Abu Nu'aim dari Watsilah)

2. Orang tua kepada anaknya
Doa orang tua kepada anaknya senantiasa diijabah oleh Allah, karena kemuliaan orang tua disisi Allah serta jasa dan perjuangannya daalam merawat serta mendidik anaknya hingga dewasa.  Rasul telah mengatakan dalam sabdanya:
Dari Abi Hurairah ra berkata, bersabda Rasulullah saw:  "Tiga doa yang diijabah, tidak ada keraguan padanya: Doa orang yang dizhalimi, doa orang yang sedang bepergian, dan doa orang tua kepada anaknya." (HR Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

3. Anak yang mendoakan kedua orang tuanya
Sebaliknya, seorang anak yang tahu berbelas budi dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Allah akan ijabah semua doa yang dipanjatkannya. Sebagaimana sabda nabi:
Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengangkat derajad seorang hamba yang shalih di surga. LAlu si hamba itu bertanya 'YA Robbi, saya mendapatkan semua ini ari mana?'   Maka Allah menjawab  "berkat permohonan ampunan anakmu bagimu". (HR Ahmad)

4. Orang yang dizhalimi atau teraniaya
Bagi seorang hamba yang tersakiti dengan perbuatan orang lain yang menzhaliminya maka Allah akan membalas kesabarannya itu dengan mengijabah semua doanya yang ia panjatkan sebab Allah tidak tega melihat hambanya tersakiti. Rasulullah telah bersabda:

Dari Abi Hurairah ra berkata , bersabda Rasulullah saw: " TIga orang yang doanya tidak ditolak, doa orang yang shaum sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa yang yang dizhalimi, Allah mengangkatnya di atas mega dan Allah membukakan baginya pintu-pintu langit, dan berfirman , demi kemuliaan-Ku, Aku akan menol;ongmu walaupun sampai akhir zaman." (HR Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)


5. Orang yang shaum sampai berbuka
Orang yang shaum serta menahan diri dari segala hawa nafsu, maka setiap doa yang keluar dari lidahnya yang kering karena menahan lapar dan haus akan membukakan pintu langit dengan berbagai macam rahmat dan akan terkabulkanya setiap permohonan sampai ia berbuka, seperti dalam hadits yang diterangkan diatas
.
6. Orang yang sedang bepergian
Orang yang sedang bepergian serta terpisah dari keluarga yang dicinyainya, Allah akan selalu mengijabah doanya karena ketulusan yang dipanjaatkan. Sebagaimana sabda Nabi:

"Dari Abu Hurairah ra , berkata, Rasulullah SAW bersabda  "Tiga doa yang diijabah, tidak ada keraguan padanya: doa orang yang dizhalimi, doa orang yang sedang bepergian, dan doa orang tua terhadap anaknya." (HR Ahmad, Tirmidzi dan Ibdu Majah)


7. Muslim yang mendoakan saudaranya
setiap muslim yang mendoakan saudaranya sesama muslim Allah juga akan mengijabah doanya, sebagaimana sabda Nabi :
"Doa seorang muslim kepad saudaranya dibelakang(dari jauh) diijabah." (HR Bukhari)

Demukian artikel tentang Tujuh Golongan orang yang diijabah doanya oleh Allah.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

12 komentar:

  1. Sangat bermanfaat, makasih informasinya.

    ReplyDelete
  2. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon..kalo bilang salam itu yg lengkap.. Karna ass itu = pantat , jdi harap perbaiki penulisannya.

      Delete
  3. Terima kasih atas nasehatnya moga bermanfaat.aamiin

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas nasehatnya moga bermanfaat.aamiin

    ReplyDelete
  5. Subhanallah, jadi itu ya 7 golongan orang yang sudah pasti doanya di mustajab oleh Allah.

    ReplyDelete
  6. Barang siapa yang termasuk dari 7 golongan orang tsb, maka sudah pasti setiap doanya akan di kabulkan Allah SWT, aminn..
    Dan semoga kita termasuk salah-satu diantaranya.

    ReplyDelete
  7. Semoga kita termasuk diantaranya ya. Amin

    ReplyDelete
  8. mana buktinya jangan muluk muluk.meludah di smpinf depàn sy,dipukul kpala sy dgn boneka dari blakang di sbuah warung makan di difitnah diluadahi di skat sy.knapa doa kbaikan dn dgn tepaksa doa kburukan terucap krna dia siri korimah ridaj bisa di lahir batinkan kok doa ay hambae.jagan muluk muluk mana buktiya.yg bnar itu nabi muhammad apa isa almasih as.mksih atas tausiah dn pnjelasanya.guntur d elangjava99@gmail.com

    ReplyDelete
  9. mana buktinya jangan muluk muluk.meludah di smpinf depàn sy,dipukul kpala sy dgn boneka dari blakang di sbuah warung makan di difitnah diluadahi di skat sy.knapa doa kbaikan dn dgn tepaksa doa kburukan terucap krna dia siri korimah ridaj bisa di lahir batinkan kok doa ay hambae.jagan muluk muluk mana buktiya.yg bnar itu nabi muhammad apa isa almasih as.mksih atas tausiah dn pnjelasanya.guntur d elangjava99@gmail.com

    ReplyDelete