Setan tak henti-hentinya selalu menggoda dan menjerumuskan manusia untuk melakukan perbuatan dosa, sehingga manusia perlu membentengi diri dengan selalu mengingat Allah agar kita tidak tergoda oleh tipu daya setan.

Berikut perbuatan yang ditakuti oleh setan yang perlu kita ketahui:

1. Setan takut kalau ada orang yang mengucapkan: Lailahaillallah wahdahulasyarii kalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syain qadir. Yang artinya "Tidak ada Tuhan selain Allah satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya singgasana dan segala puji, dan Dia adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu".

2.  Setan takut terhadap bacaan ayat kursi, dari itu disarankan membaca ayat kursi ketika hendak tidur.

3.  Meludah ke kiri tiga kali dan bertaawwuz kepada Allah jika mimpi jelek.  Abu Salmah binAbdur Rahman berkata: "Saya mendengar Abu Qatadah bin Rabi'i berkata: 'Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda :
"Mimpi yang baik adalah berasal dari Allah, jika salah seorang di antara kamu mimpi apa yang dia sukai, maka janganlah bercerita, kecuali kepada orang yang senang, dan jika mimpi apa yang tidak disukai,maka janganlah menceritakannya dan hendaklah dia meludah kesamping kiri tiga kali dan hendaklah dia memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk dan dari kejahatan dari apa yang dimimpikan, maka sesungguhnya mimpi tersebut tidak akan membahayakannya".(HR Bukhari dan Muslim)

4.  Memanjatkan doa ketika keluar dari rumah dengan: Bismillahi tawakkaltu alallahi lahaula wala quwwata illa billahil aliyil adziimi. yang artinya" Dengan nama Allah, saya bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya, kecuali dari Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung".

5.  Menyebutkan asma Allah ketika hendak memasuki  rumah dan hendak makan.

6.  Berdoa ketika hendak masuk masjid

7.  Ketika azan berkumandang,  hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Anu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya setan itu jika diperdengarkan azan sholat maka dia menjauhinya". (HR. Muslim).

8.  Ketika seseorang bertaawwuz

9.  Ketika membaca doa dalam sholat

10. Ketika seseorang mengucapkan doa ketika mengalami perasaan was-was atau ragu dalam dirinya

11. Ketika seseorang mendapatkan musibah dan mengatakan " ini sudah ditetapkan Allah, dan apa yang dikehendaki Allah pasti akan terjadi.

12. Doamu ketika hendak melakukan hubungan badan dengan istri.  Tuntunan ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda: " Kalau salah seorang di antara kamu hendak mengumpuli istrinya mengucapkan 'dengan menyebut Asma Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan, dan jauhkanlah setan dari rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami', maka keduanya akan mendapatkan anak yang tidak akan diganggu setan untuk selamanya". (HR Bukhari dan Muslim)

13. Doa ketika kamu sedang marah

14. Ketika engkau membaca basmalah

15. Doamu untuk memohon keberkahan ketika kamu melihat apa yang mengagumkan.

16. Ketika engkau membaca dua surat muawwizatain (Al Falah dan An-Nas)

17. Ketika engkau melakukan sujud tilawah

18 Ketika engkau membaca surat Al-Baqarah, hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : "Janganlah engkau menjadikan rumahmu sebagai kuburan, karena sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah". (HR. Muslim)

19. Ketika engkau membaca Al-Qur'an

20. Ketika engkau menggerakkan jari telunjukmu dalam sholat.

Demikian hal-hal yang ditakuti oleh setan yang perlu kita ketahui agar kita tidak tergoda tipu daya setan dan kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Semoga bermanfaat.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

4 komentar:

  1. Subhanallah, jadi itu ya 20 perilaku manusia yang di takuti setan. Banyak sekali yang saya tidak jalankan dari ke 20 perbuatan tsb, insyaalloh saya akan mengamalkan bebera di antaranya maksimal seluruhnya.

    ReplyDelete
  2. Bila kita melaksanakan ke 20 perbuatan baik tsb, maka Insyaallah akan menjauhkan kita dari syetan.

    ReplyDelete
  3. Aku cinta ika Wahyuni jurusan komunikasi unimal angkatan 011 dan Murni yati dari simpang Rangkaya..

    ReplyDelete
  4. Adakah diantara kita yang sering melakukan seluruh atau beberapa bagian dari 20 perbuatan yang di takuti setan ? Semoga kita lebih mendekatkan diri padaNYA

    ReplyDelete