Meminum kopi merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakkan orang baik dilakukan pada pagi hari waktu sarapan pagi atau pada sore hari.  Tahukah anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tertentu akan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.  Berikut manfaat kopi untuk kesehatan jika kita dikonsumsi dalam jumlah tertentu:

1.  Mengurangi Sakit kepala
Kafein dalam kopi (dalam jumlah tertentu) bisa mengurangi sakit kepala. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan meminum  secangkir kopi. Kafein ditambahkan pada obat penawar sakit karena bisa meningkatkan penyerapan dalam peningkatan efek penghilang sakit. Kafein juga membatasi pembesaran pembuluh darah di kepala, yang dapat menyebabkan migrain.

2.  Mencegah cidera otot
Minum kopi dalam takaran kecil sebelum berolahraga mampu memberikan manfaat ekstra. Sebuah studi mengatakan, minuman kafein bisa meningkatkan stamina dan memulihkan ketegangan otot pasca-berolahraga. Hasil studi yang dipublikasikan di Medicine & Science in Sports & Exercise.

3.  Mengurangi risiko kanker usus
Dua cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko kanker kolon sebanyak 25% dan sirosis hati sebesar 80%. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi dapat membantu melindungi sel dari radikal bebas yang seringkali dikaitkan dengan penyakit degenerative.

4.  Menghambat penyakit liver
Mengkonsumsi kopi terbukti bisa memperlambat penyebaran penyakit liver atau hepatitis C. Pasien yang minum tiga gelas kopi tiap harinya bisa memperlambat penyebaran penyakit liver hingga 53 persen. Memberikan kopi dalam jumlah tertentu ternyata juga bisa memperpanjang umur seseorang yang sudah memiliki penyakit hepatitis C kronis.

5.  Aroma kopi dapat menghilangkan stress
Menghirup aroma segar kopi panas di pagi hari dapat membantu mengurangi stress. Stres yang ditimbulkan karena pekerjaan hingga kurang tidur dapat berkurang dengan menghirup aroma kopi.

6.  Kafein kopi mencegah gigi berlubang
Komponen yang member kopi aroma dan rasa pahit, yaitu Trigonelline, diakui para peneliti Italia memiliki zat anti bakteri dan antilengket yang menghambat bakteri penyebab gigi berlubang. minum satu cangkir kopi sehari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Namun, jika meminumnya terlalu panas justru akan merusak gigi.

7.  Melegakan penderita asma
Kafein bisa melegakan napas penderita asma karena salah satu senyawa dalam kopi yakin theophylline berperan sebagai bronchodilator alias pelega pernapasan dengan cara melebarkan saluran bronchial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru.

8.  Menyegarkan tubuh
Kafein dalam kopi bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah dan bisa melakukan aktivitas fisik lebih lama.

9.  Meningkatkan produksi sperma
Sekalipun ada penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebih tidak baik bagi kesuburan pria dan wanita, namun minum kopi dalam takaran sedang bisa membuat sperma“berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria.

10.  Memperkaya antioksidan tubuh
Kopi terbukti sebagai sumber antioksidan terbesar. Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan antioksidan (zat anti-unsur radikal bebas) pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak dan minuman. Ternyata kopi berada dalam urutan teratas sebagai antioksi dan yang bisa didapatkan dari makanan atau minuman. Setelah kopi urutan berikutnya adalah the hitam, pisang, kacang-kacangan kering dan jagung. Baik kopi berkafein atau bebas kafein, keduanya memberikan sumbangan anti-oksidan yang sama besarnya.

11.  Melindungi kulit
Konsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker,dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

12.  Mencegah penyakit Parkinson
Parkinson yakni penyakit penyerang otak yang menyebabkan tubuh penderita selalu bergetar dan mengalami gangguan gerak. Parkinson jarang ditemui pada orang yang minum kopi.

13.  Menurunkan risiko kanker payudara
Menjelang masa menopause, wanita yang megkonsumsi 3-4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang menahan pertumbuhan tumor.

14.  Mencegah batu empedu
Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu menangkap Kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risikopenyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

15.  Mencegah  penyakit diabetes
Orang yang mengkonsumsi 3-4 cangkir kopi regular atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik di dalam kopi dipercaya berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan.

16.  Merangsang kerja otak
Kafein membantu berpikir lebih cepat. Dengan meminumnya 15 minum hingga 30 menit sebelum anda melakukan pekerjaan. Kafein yang terdapat pada kopi mampu memberikan sinyal pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak. Kafein tidak memperlambat gerak sel-sel tumbuh, namun justru memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdebar lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk tenaga ekstra.

17.  Meningkatkan penampilan mental dan memori
Kopi meningkatkan penampilan mental dan memori. Penelitian di Universitas Arizona menemukan bahwan orang dewasa yang minum kopi dengan kafein sebelum tes memori menujukan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein. Kafein juga bisa meningkatkan skor pada serangkaian tugas yang terkait dengan kemampuan kongnitif, seperti mengambil keputusan dalam waktu cepat.

18.  Mengurangi risiko stroke dan Penyakit Jantung
Sebuah studi pada lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menujukan bahwa mereka yang meminum dua sampai tiga cangkir sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi dan tidak memiliki resiko peningkatan penyakit jantung.

Manfaat ini didapat jika kopi dikonsumsi dalam jumlah terbatas, namun jika dikonsumsi secara berlebihan malah dapat menimbulkan suatu penyakit.


Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

3 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka kopi hitam karena aromanya yang khas dan rasanya yang original TANPA susu / krimer sehingga merilekskan suasana.

    ReplyDelete
  3. Tidak saya sangka ada banyak sekali manfaat meminum kopi, hingga mencapai 18 manfaat baik untuk tubuh. Meski begitu, minum kopi yang baik untuk memperoleh khasiatnya harus secara cukup / tidak berlebihan. Karena yang berlebihan itu tidak baik.

    ReplyDelete