Doa merupakan intinya ibadah, namun banyak diantara mereka yang malas berdoa, tidak yakin dan kecewa karena doanya tidak terkabulkan, anggapan ini karena ketidaktahuan seseorang tentang kaidah-kaidah doa yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan mengetahui waktu yang tepat untuk berdoa agar doanya terkabulkan oleh Allah SWT.

Berikut waktu yang tepat untuk berdoa agar doanya diijabah oleh Allah SWT:

1.  Dua pertiga malam
Dua pertiga malam merupakan waktu yang tepat untuk beribadah dan berdoa kepada Allah karena biasanya pada saat itu orang-orang masih tertidur pulas , maka Allah menghadiahkan terkabulnya segala permintaan bagi orang yang mau bangun dan beribadah pada waktu itu, sabda nabi dalam hadist:
"Dari Abu Hurairah ra berkata Rasulullah SAW bersabda, Tuhan kita Yang Maha Berkah dan Maha Tinggi turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir dan berfirman, barangsiapa yang berdoa kepada-Ku pasti aku kabulkan, barangsiapa meminta kepada-ku pasti Aku beri, dan barangsiapa yang memohon ampunan-Ku pasti Aku ampuni."(HR Bukhari)

2.  Antara Adzan dan iqomat
Nabi juga menganjurkan berdoa pada waktu antara adzan dan iqomat.  Di riwayatkan dari Anas bin Malik ra berkata Rasulullah SAW bersabda," Doa antara Adzan dan iqomat tidak ditolak, maka berdoalah kamu. (HR Ahmad)

3.  Hari Jum'at
Waktu yang mustajab selanjutnya untuk berdoa adalah hari jum'at karena merupakan hari rayanya umat islam.  Rasulullah SAW bersabda,"Pada hari Jum'at ada satu waktu yang seorang muslim berdoa kepada Allah dalam sholatnya bertepatan dengan waktu itu, pasti Allah akan memenuhinya. Nabi berisyarat dengan tanganya menimbang-nimbang". (HR Tirmidzi)

4.  Ketika turun hujan
Pada saat bturun hujan merupakan salah satu yang tepat untuk berdoa selanjutnya.  Hal ini berdasarkan hadits Nabi," Dua doa yang tidak akan ditolak atau paling tidak jarang ditolak oleh Allah yaitu antara adzan dan iqomat serta berdoa keetika turun hujan."(HR Abu Dawud)

5.  Sesudah sholat fardu
Nabi menganjurkan agar kita selalu berdoa setelah melaksanakan sholat fardu.  Rasulullah bersabda " Dari Abu Umamah ia berkata, Rasul ditanya , Ya Rasulullah doa yang manakah yang akan didengar (oleh Allah), beliau menjawab ketika tengah malam terakhir dan setiap selesai sholat yang wajib (sholat lima waktu)". (HR Tirmidzi)

6. Ketika sujud
Rasulullah biasa menggunakan sujud terakhir dalam sholatnya untuk berdoa ," saat yang paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika sujud.  Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR Muslim)

Demikin waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa, maka berdoalah ketika waktu itu agar doanya dikabulkan oleh Allah SWT, tentunya dengan khusyuk dan kerendahan hari.



Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

3 komentar:

  1. Oh jadi itu ya 6 waktu yang apabila kita berdoa pada waktu tsb, maka Allah akan mengabulkannya. Terimakasih banyak saya myakini akan hal ini.

    ReplyDelete
  2. Yang paling saya ketahui waktu yang sangat baik untuk berdoa agar cepat di kabulkan / di ijabah ialah 2/3 malam. Karena saat itu orang-orang yang msh tertidur, si pendoa justru melakukan solat dan berdoa di waktu hening tsb.

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu, ternyata saat hujan turun doa seseorang akan lebih dikabulkan, apalagi doa yang dipanjatkan itu yang baik2 pasti mustajab sekali.

    ReplyDelete