Indonesia merupakan negara penghasil kopi dimana kopi yang dikembangkan di Indonesia adalah kopi robustadan sisanya adalah kopi Arabika. Dari segi produksi Indonesia merupakan negara terbesar ke empat didunia sebagai penghasil kopi setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia, dan merupakan negara ke dua penghasil kopi Robusta setelah Vietnam.


Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya sementara lahan yang tersedia terbatas, menyebabkan luas kebun kopi semakin lama terus berkurang  karena petani akan menggunakan lahannya untuk menanam tanaman yang lebih cepat menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya  sehari-hari.  

Petani akan menanam tanaman yang lebih cepat menghasilkan seperti sayuran dan tanaman lain yang bisa menghasilkan dan di panen setiap hari atau minggunya seperti sawit dan karet, dibandingkan dengan kopi yang masa panennya setahun sekali. 
  • Umur tanaman kopi  yang semakin tua tidak sebanding dengan peremajaan atau replanting yang dilaksanakan menyebabkan produksi mulai menurun.
  • Adanya program pemerintah yang lebih mengembangkan sawit dan karet, sehingga perlahan-lahan mulai terjadi alih fungsi komoditi dari kopi ke tanaman lain.
  • Lemahnya kelembagaan kelompok di tingkat petani.
  • Pengelolaan kebun yang tidak maksimal menyebabkan rendahnya produksi tiap hektarnya.
  • Harga kopi yang tidak menentu sementara biaya produksi yang tinggi menyebabkan tidak sebanding antara pengeluaran dan pendapatan.
Langkah –langkah yang di ambil untuk meningkatkan produksi kopi :

  • Perlu dukungan dari pemerintah dalam aspek pengelolaan tanaman seperti kemudahan bibit, kemudahan pupuk serta dilakukan pembinaan dan penyuluhan yang lebih intensif.
  • Meremajakan tanaman kopi yang sudah tidak produktif dan kurang menghasilkan.
  • Melibatkan semua stake holder untuk mengembangkan dan meningkatkan produksi kopi.
  • Mengikuti program sertifikasi kopi baik yang dijalankan oleh kelompok tani atau perusahaan kopi untuk meningkatkan produksi dan terjaminnya kepastian harga. Baca juga Tahapan Sertifikasi Kopi
Demikin artikel Tren Produksi Kopi Di Masa Depan semoga bermanfaat.

Jangan lupa tinggalkan komentar.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

4 komentar:

  1. Wah, saya baru mengetahui jika Indonesia ada pada posisi ke 4 penghasil kopi terbesar di dunia, sungguh pencapaian yang luar biasa.
    Dengan makin banyaknya permintaan pasar global di harapkan para petani kopi bisa mendapatkan upah yang layak.

    ReplyDelete
  2. Kopi Indonesia tidak kalah dengan kopi mancanegara. Dengan aroma yang khas harum dari kopi makin menambah kenikmatan menyantap secvangkir kopi dari Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Produksi kopi masa depan maksudnya gimana ? Apakah dari proses produksinya, rasanya dajn lainnya.

    ReplyDelete