Minum kopi sekarang bukan lagi hanya sekadar menyeduh bubuk kopi dan gula dengan air panas, namun dapat disajikan dengan berbagai cara dari yang biasa saja sampai dengan menggunakan mesin penyeduh.  Dengan semakin maraknya kafe dan kedai kopi menjadikan kopi sebagai minuman favorit banyak orang. Mulai dari kedai kopi tradisional sampai kafe mewah di pusat perbelanjaan, kopi sekarang tampaknya sudah tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup seseorang.
Tapi,  seperti halnya budaya, setiap negara punya kebiasaan berbeda dalam mengonsumsi kopi. Yuk kita intip kebiasaan minum kopi di berbagai negara!

NORWEGIA

Masyarakat Norwegia, mereka menyebut diri mereka dengan Nordmenn merupakan masyarakat yang ”maniak” kopi bersama dengan dua saudara Skandinavianya, Denmark dan Finlandia serta dua negara dari Eropa Barat Swiss dan Belgia, mereka mengkomsumsi kopi 7-10 kilogram perkapita pertahun.

Nordmenn menikmati kopi secara murni tanpa campuran lain, bukan mereka tidak suka gula, nyatanya kue-kue mereka banyak mengandung gula. Mereka beralasan bila menambahkan gula, maka rasa kopi yang sebenarnya tidak bisa di dapatkan, lagian mereka mau minum kopi bukan air manis.

Walaupun demikian, bagi kita yang tidak terbiasa minum kopi tanpa gula, tidak perlu kuatir, kafe mereka juga menyediakan gula terpisah dari kopi karena sebagaimana Negara eropa lainnya, Norwegia juga banyak di datangi oleh pendatang luar baik sebagai turis, pelajar, pencari kerja ataupun pencari suaka politik (termasuk dari Aceh) yang sudah pasti punya selera kopi yang berbeda dengan mereka.

ITALIA
Disebut-sebut sebagai negara tempat lahirnya espresso, warga Italia menganggap kebiasaan minum kopi sebagai kegiatan yang sakral. Kecuali kaki kamu sedang sakit, usahakan selalu minum kopi sambil berdiri di bar atau kafe. Dan, kalau kamu tidak ingin terlihat seperti turis, jangan pernah memesan minuman kopi yang mengandung susu (seperti capuccino) setelah makan siang.

AUSTRIA
Warga Austria juga sangat gemar minum kopi. Jenis kopi yang populer di sana adalah Melange, yaitu kombinasi espresso dan susu panas (steamed milk), dengan milk foam ataupun krim kocok di atasnya. Biasanya, kafe menyuguhkan kopi dengan segelas air untuk menetralisir rasa. Oya, jangan lupa untuk memesan hidangan penutup khas Austria, Sacher torte, supaya kegiatan minum kopimu semakin nikmat.

TURKI
Masyarakat Turki juga gemar minum kopi sebelum memulai aktivitas mereka di pagi hari. Mereka menyukai rasa kopi yang kuat dan manis, dengan bubuk kopi tersisa di dasar cangkir. Bubuk kopi yang tersisa di dasar cangkir biasanya juga digunakan untuk meramal nasib si peminum kopi lho!

MEKSIKO
Racikan kopi tradisional warga Meksiko adalah cafe de olla, yang disuguhkan dalam cangkir keramik. Cafe de Olla punya rasa berbeda dibandingkan kopi-kopi lain karena menggunakan piloncillo, atau gula merah, dan batang kayu manis. Tapi, sebagian besar warga Meksiko juga tidak keberatan mengonsumsi kopi instan kok.

ETHIOPIA
Sebagai tempat kelahiran kopi, masyarakat Ethiopia, terutama yang berada di pedesaan, mengganti gula dalam kopi mereka dengan garam atau mentega. Tapi, saat ini penggunaan gula juga sudah sangat populer. Jika kamu diundang minum kopi ke rumah warga Ethiopia, jangan berhenti minum sampai cangkir ketiga (bereka) yang dianggap bisa mendatangkan nasib baik.

MAROKO
Warga Maroko membedakan suguhan kopi tergantung pada peristiwa tertentu. Biasanya, kopi dengan rasa manis akan disuguhkan saat peristiwa yang membahagiakan seperti pernikahan. Sementara, kopi yang lebih pahit disuguhkan saat peristiwa menyedihkan seperti pemakaman. Kopi di Maroko juga sering dicampur dengan bumbu-bumbu eksotis seperti jahe, lada hitam, kayu manis, pala dan lain-lain.

IRLANDIA
Irish coffee sebagai kopi khas masyarakat Irlandia sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Minuman ini dibuat dari kopi panas, gula dan wiski Irlandia dan dihiasi dengan krim kocok. Tapi, kamu tidak perlu mengaduk krim kocok itu, karena kopi itu memang harus diminum melewati krim tersebut.

BELANDA
Masyarakat Belanda tidak terlalu repot dalam mengonsumsi kopi, namun warga lokal akan lebih memilih kopi hitam tanpa campuran apapun. Minuman ini biasa disebut sebagai “kaffe”. Kalau kamu ingin memesan kopi dengan campuran susu seperti coffee latte, sebutkan bahwa kamu ingin memesan “koffie verkeerd”, atau “kopi yang salah”.

INDONESIA
Seperti Italia yang bangga dengan espresso-nya, Indonesia juga bisa berbangga hati karena Kopi Luwak kita adalah kopi termahal di dunia. Tapi, karena harganya yang mahal itulah, tidak semua masyarakat Indonesia bisa menikmatinya. Karena itu, kopi hitam dan kopi susu yang biasa disuguhkan di warung kopi tepi jalan masih menjadi favorit. Untuk  mereka yang punya budget lebih, kafe premium di pusat-pusat perbelanjaan menjadi pilihan.

Bantu share Yuuk!!!! 

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

3 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  2. Kebiasaan menikmati secangkir kopi yang nikmat menurut sebagian negara berbeda-beda ya. Sangat di sayangkan kopi luwak yang asli dari Indonesia, dikenal karena rasanya yang begitu nikmat dan harganya yang super mahal di seluruh dunia, justru lebih terkenal di mancanegara.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih informasinya. Jika konsumsi kopi perhari dalam batas normal maka masih wajar, tapi kalau diminum dalam batas maksimal itu yang berbahaya bagi kesehatan.

    ReplyDelete